Selang-selang vta timor

diagram selang selang selenoid
Pada mobil timor sohc terdapat banyak selang-selang vakum yang mengatur rpm, power stering,lampu dan ac. bila ada kesalahan pemasangan selang-selangnya rpm mobi timor akan ndut-ndutan hehehehehe………nie dari pengalaman saya sendiri dimobil timor sohc,,awal mulanya saat ac nyala rpm drop sampe hampir mati tanya-tanya bengkel sebelah selang-selangnya dipasang ulang versi si bengkel tersebut malam buat keluar rpm jadi tidak karuan pas belok malah mesin mati wah gimana nie pak bengkel…….
berlanjut hari berikutnya dikantor googling tentang gambar-gambar diagram selang selenoid (vta) tapi tidak begitu jelas dan juga ada tambahan pengertian saya tentang mobil dari blog s515i.com membuat saya pede untuk bongkar-bongkar sendiri maklum dulu bekas bengkel sepeda motor xixixiixi……
pertama saya bersihkan vta,selang-selangnya, dan ketiga selenoidnya dengan carbu clean kemudian mulai lah saya hunting coba-coba diagram selang beberapa kali dan akhirnya ketemu diagram susunan selang yang sesuai. saya coba beberapa kali nyalakan ac dan hasilnya rpm tidak drop dan tidak buat was-was ketika berkendara dengan ac on.
untuk diketahui bila mobil anda mungkin rpm tidak stabil jangan panik dulu cek busi, bersihkan karburator dan jangan lupa bersihkan juga vta karena bila busi normal dan karbu bersih rpm masih ndut-ndutan bisa jadi vta yang kotor.
Dari berbagai masalah yang ada tentang VTA yang pernah saya alami dan juga masukan dari temen2 SOHC kemarin dapatkan susunan selang-selang vakum yang terbaru dan sampai saat ini lumayanlah alhamdulillah tetep lancar dan belum ada keluhan lagi misal saat belok rpm sering jatuh,,

diagram selang selenoid terbaru

semoga berguna dan membantu….

(dari berbagai sumber dan pengalaman pribadi)

2 thoughts on “Selang-selang vta timor

  1. gimana caranya om kalo VTAnya dua bisa dikasih gambaran ndak?? soalnya AC pas idup sering ngedrop ini.. THX before

    • hehehe…belum ada bayangan om kalo dikasih 2 VTA karena harus buat dudukan lagi untuk bisa mengait di pedal gasnya. coba cek kelistrikan yang masuk pada 3 selenoidnya normal apa gak,kemudian coba lepas selenoidnya kemudian kasih arus listrik apakah ada bunyi “klik” kalau ada berarti normal,tapi kalo gak ada bunyi “klik” berarti selenoidnya mati n mta ganti.btw VTA nya gmn coba dibersihkan dulu pake carb cleaner n semprot2 dgn kompresor kalau normalnya tekan tuasnya kemudian tutup lubang yg dr samping apabila tuas tidak kembali berarti vta masih normal akan tetapi itu juga belum menjamin krn kalau emang membran vta dah lemah ya tetep harus ganti.saya kmrn juga mengalami masalah kyk gt ganti vta alhmd mpe skr normal om

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s