Servis power windows mobil timor

PW macet,,,,uh menyebalkan bukan !!!!!! coba cek dulu motornya masih berputar apa tidak. kadang juga kaca mau turun tapi gak mau naik, kemungkinan saklar power windowsnya yg kotor yuk mari bersih-bersih…..

langkah pertama, buka pintunya pastinya hahahha……lepas penutup pintunya yang dari dalam n soket saklar power windowsnya.

11032013969

untuk ngecek motor power windows (PW) tinggal lepas baut pengunci kaca dan motor. tarik kaca ke atas untuk mengeluarkan rel dan motor PW

langkah 2, tancapkan lagi soket saklar PW dan cek apakah motornya masih bisa menggerakkan rel PW nya. kalo masih bisa naik turun berarti cuma mekanisnya yang kotor mungkin dari karet penjepit kacanya itu. semprot aja pake cairan pembersih biar kotoran hilang

langkah 3, bersihkan saklar PW cara copotnya gampang aja tinggal congkel kuncinya sudah kelihatan pcb

11032013970

langkah 4, semprot deh pcb dan saklarnya pakai cairan penetran (wd 40 atau sejenisnya) kebetulan saya pakai Master 80 sama juga dengan wd40 hihihi…

11032013968

langkah 5, semprot sampai bersih kemudian lap dengan kain lap biar kering kemudian tinggal pasang lagi langsung test dah bisa berfungsi apa belum

kadang setrum ke saklar PW kurang jd kalo gak pas mesin nyala PW agak seret nanti insyallah akan saya buatkan lagi pasang relay tambahan agar PW tambah lancar jaya….

selamat mencoba

Ganti master kopling atas mobil timor

Awal berkendara tidak ada masalah sama sekali cek kopling, rem, lampu, oli dah baik semua,,,siap berangkat stater mesin ac on ditengah perjalan injakan kopling kok jadi keras kenapa ya???sambil nyopir sambil berfikir apanya yang salah ya oli masih, kampas kopling juga normal tidak ada masalah lelet atau mobil jalan ditempat,,

abis istirahat sholat wah koplingnya normal lagi mungkin over heat mesinnya,, menurut pendapatq lanjut perjalanan naik jalur tawangmangu-sarangan tiba-tiba kopling menjadi keras dan ambles tidak ada tekanan sama sekali langsung berhenti lagi sambil berfikir ada masalah apa ya???yang jelas kampas kopling tidak ada masalah karena buat nanjak masih ok.

abis istirahat sejenak neruskan perjalanan pelan-pelan karena untuk pindah persneling sangat sulit kopling tidak bekerja alhamdulillah sampai juga dirumah…langsung deh bis makan googling apa sih masalah yang baru saja aku alami td ternyata ketemu juga dan kemungkinan itu dari master kopling baik atas maupun bawahnya,, pagi2 langsung siapkan alat alat bengkel ternyata kelihatan dikolong pedal kopling ada tetesan oli/minyak kopling, langsung bongkar dan ganti silnya saja. beres test drive lancar…

perjalanan pulang karena besoknya harus kerja….weng-weng…melintasi sarangan dan turun cemoro sewu kejadiannya kembali terulang kopling kehilangan tekanan lagi. hasil googling kemarin jg ada sedikit tips dengan mengompres maskop bawah yang dekat radiator dengan kain basah tapi ini cuma untuk sementara aja dan harus segera ganti maskop biar perjalanan nyaman.

setelah kemarin maskop atas yang bocor sil nya sekarang gantian lihat yang bawah master koplingnya yang bocor,,,alhasil ganti dah maskop bawah merk TCIC 13o rb (semoga harga tidak berubah lagi hehehe…) pasang deh ketempatnya menggantikan yang lama. kira2 2 bulan dipakai masalah itu muncul lagi mungkin karena mengabaikan untuk tidak mengganti dulu maskop atasnya.

sesuai dengan saran mbah google n my s515i diharapkan kalau ganti master kopling atas dan bawah sekalian

yuk kita bongkar ganti master kopling atas my timor

1. siapkan master kopling atas terlebih dahulu beli ditoko onderdil mobil hehehehe……kebetulan aq pakai merk sanyco dapat saran dari teman2 n harganya juga agak irit kualitas tidak malu2in xixixixi…..175rb maskopnya dengan tabung tersendiri jadi tidak menjadi satu dengan minyak rem nya.ini satu keutungannya!!!

2. buka kap mesin lepas rumah filter udara untuk sohc yang dohc menyesuaikan dan mulai lepas baut master koplingnya dan baut nipel selang saluran minyak kopling, kemudian segera kekolong bawah kemudi untuk lepas baut yang dari dalam maskopnya.

IMG_20130301_144838

3. setelah lepas semua baut-bautnya cabut maskop dari dudukannya

IMG_20130301_144907

4. siapkan maskop yang baru untuk segera dipasang menggantikannya hehhehe…..bey maskop lama terima kasih telah mengantarq kemanapun berjalan xixixiixi….

IMG_20130301_145002

5. pasang kembali baut-baut penguncinya dari dalam kolng pedal kopling dan yang dari luar dan juga baut nipel selang minyak kopling tapi jangan keras-keras dulu karena belum di isi minyak koplingnya.

IMG_20130301_145153

6. terpasang sudah maskop yang baru, setelah itu masukkan minyak kopling sampai batas maksimum tunggu sampai menetes lewat nipel yang belum keras bautnya tadi,,siap air juga. setelah menetes cepat2 dikerasi bautnya dan segera siram dengan air bekas tetesan minyak kopling tersebut agar tidak menyebabkan karat.

7. selesai sudah pemasangannya nyalakan mesin dan kocok-kocok pedal koplingnya karena kalau mesin tidak nyala alur fluida minyak koplingnya tidak mau berjalan. setelah terasa sudah ada tekanan matikan mesin.

8. untuk lebih memastikan lagi kemasukan angin apa tidak pada saat pembongkaran tadi bisa dicek di master kopling bawah ada nipel caranya seperti kalau buang angin di perangkat rem.

9. langsung test drive yuk…………

selamat mencoba bagi yang mengalami masalah seperti saya dan harus ganti maskop atasnya,,alhamdulillah sekarang kopling my timor sudah normal kembali…..