Pasang Koil Botol Di Timor SOHC

Koil merupakan salah satu perangkat pengapian yang sangat vital disamping CDI, Delco, Busi, dan Kabelnya. namanya barang elektronik kita tidak tahu kekuatan dan masa aktifnya hehehe…..akan tetapi ada beberapa gejala yang mengawali akan matinya koil semisal rpm ndut-ndutan, kadang juga gas gak bisa spontan saat di injak, yang paling terasa bila kondisi suhu mesin dah mulai panas kadang rpm turun sampai limit terendah dan tiba2 mati deh mesinnya dan mungkin ada gejala-gejala yang lainnya. setelah mesin agak dingin dan koil gak panas lagi kadang masih bisa nyala tapi selanjutnya akan terulang lagi gejala-gejala seperti di atas.

Pada saat urgent atau dikampung kadang kita sulit mencari spare part khususnya mobil Timor, harap tenang saya berikan bocoran hehehe….kita cari koil botol punyanya kijang super atau mungkin colt T pokoknya yang banyak dipasaran.

Setelah dapat koilnya sekarang waktunya oprek, karena kondisi urgent sementara kita potong soket kabel yang nancep ke koil timor aslinya ada 2 kabel yaitu warna hitam setrip putih dan kabel warna kuning.

kemudian kita sambungkan untuk kabel warna kuning masuk ke tanda min (-) koil tabung tersebut. selanjutnya kabel warna hitam masuk ket tanda plus (+) koil tabung tersebut.

Lanjut cek api dah keluar apa belum dari kabel koil yang nancep ke delco dengan distater, setelah keluar percikan api rangkai kembali seperti semula siap on kontak tek jreeng….proses selesai dan bisa melanjutkan perjalanan.

semoga info ini bermanfaat buat sobat-sobat Timor semua…..

(Sumber  Om Atut Timlo “Timor Solo”)

Advertisements

Pasang Master Rem Atas Mobil Timor

Rem merupakan perangkat yang sangat vital pada kendaraan bermotor, bayangkan bila rem gak berfungsi sempurna, saat melaju kencang pastilah hal-hal buruk bersiap menghampiri kita serem juga kan, maka selalu periksa ketinggian minyak rem dalam tabungnya apabila minyak berkurang tambah atau mungkin warna sudah keruh segera kuras dang anti dengan minyak rem yang baru, periksa juga dibawah ban apakah ada bekas tetesan minyak rem, dan juga dibawah kemudi tepatnya pada master rem atas apakah ada tetesan minyak rem yang perlu kita waspadai.
Hati-hati dengan rem mobil anda apabila terasa injakan kosong alias tanpa tekanan, setelah pompa baru ada tekanan lagi. Apabila anda merasakan hal tersebut segera cek perangkat rem anda, kalau memang perangkat rem dirasa sudah tua mending segeralah di ganti karena berhubungan dengan nyawa pengemudinya. Pengalaman admin saat melaju lumayan kencang injak rem blesss gak ada tekanan sama sekali, langsung deh cek tromol belakang kok gak ada kebocoran kemudian pengecekan mengarah master rem atas tapi juga gak ada kebocoran sil nya, minyak rem ditabung juga masih di level aman.
Pengecekan lanjut mesin on kemudian injak rem dengan tekanan konstan klo rem terus amblas tanpa tekanan bisa jadi master rem nya yg bermasalah, akan tetapi jika rem di injak secara tiba-tiba ato mendadak gejala itu tidak ada alias rem berfungsi, menurut info dari bengkel dan mbah google itu merupakan gejala dari master rem atas yg sedang sakit.
Ayo kita bongkar sendiri untuk ganti master rem atas, untuk master rem sendiri kemarin dapat di sarinah Solo merk Sa*n*co 400K, lanjut
1. Siapkan alat-alat yang diperlukan, kunci 12, kunci nipel 10”, tang, minyak rem, master rem itu sendiri dan peralatan lainnya yang mungkin dibutuhkan hehehhe…..
2. Kendorkan dan lepas kedua baut nipel yang terpasang pada bodi master rem

Lepas baut nipelnya ada dua buah

Lepas baut nipelnya ada dua buah


3. Kemudian lepaskan baut pengikat bodi master rem dengan kunci 12” an
Satu baut pengikatnya posisi agak sulit jadi butuh kesabaran hihihi.... :-)

Satu baut pengikatnya posisi agak sulit jadi butuh kesabaran hihihi…. 🙂


4. Tarik kedepan untuk melepas master rem tersebut kemungkinan agak sulit karena kadang sil nya lengket pada sambungan antara master rem dan booster rem
IMG_20150715_152723
ada sedikit bekas kotoran semacam karat

ada sedikit bekas kotoran semacam karat


5. Setelah terlepas tinggal ganti master yg baru langsung plek tinggal kencangin baut pengikatnya, dan pasang nipel selang saluran minyak rem depan dan belakang
Jangan lupa di isi minyak rem ya bro

Jangan lupa di isi minyak rem ya bro


6. Lanjut setel rem buang angin dari caliper rem di keempat rodanya, ingat pada saat penyetelan rem (buang angin) posisi mesin harus nyala (on)
Selesai sudah gampang bukan kalau bisa sendiri kenapa harus kebengkel hehehehe…..(irit ongkos pengeluaran)
Ingat untuk test drive jangan langsung gas pool karena kita harus memastikan dulu kerja perangkatnya, apabila sudah lancar timmy siap untuk touring…. #salam Timor
Sumber pengalaman pribadi dan sahabat2 Timor

Posko Mudik Bagi Pengguna Mobil Timor

Lebaran sebentar lagi dan jadwal rutin mudik selalu jadi momen yang indah saat tiba lebaran bertemu dengan semua keluarga dikampung halaman setelah sekian lama merantau mengais rejeki hihihi…..
khusus pengguna mobil timor persiapan mudik harus diperhatikan karena mobil kita tidak muda lagi cuma empunya yang masih muda-muda menjadikan mobil timor jadi ikutan muda 🙂
Hal-hal yang perlu dipersiapkan antara lain :
1. Cek mesin meliputi vbelt dan timing belt, sekalian tune up biar bersih kinclong ruang bakarnya
2. Ganti Busi dan perangkat pengapian yang sekiranya sudah waktunya ganti
3. Cek oli mesin, transmisi, power steering, oli rem klo dah waktunya ganti baru sekalian
4. Cek kampas rem depan belakang klo masih bagus cukup dibersihkan saja
5. Cek tekanan angin ban
6. Cek lampu utama, sein, rem dan sediakan cadangan
7. Perlengkapan perang (alat-alat/toolkit mobil kita, periksa dongkrak dan ban cadangan)
8. Lihat isi dompet hahahahhaha……
9. Berdoa sebelum berangkat pastikan rumah yang ditinggalkan telah aman dan terkunci, semoga selamat sampai tujuan dan bertemu dengan keluarga besar di kampung halaman.
Untuk mudik tahun ini keluarga Timor Indonesia ada beberapa pos mudik dan juga call center disetiap kota untuk membantu sahabat Timor apabila ada troubel atau pun sekedar melepas lelah istirahat sejenak.
Berikut yang disajikan Keluarga Timor Indonesia khususnya untuk wilayah Jateng-DIY

timlo

Contact person yang dapat dihubungi bila ada kendala dijalan

Contact person yang dapat dihubungi bila ada kendala dijalan

Posko persembahan Klaten Timor Club bersama Timor Nginden Service Cab. Klaten

Posko persembahan Klaten Timor Club bersama Timor Nginden Service Cab. Klaten

Sarana telekomunikasi dengan android Zello Handy Talky

Sarana telekomunikasi dengan android Zello Handy Talky

Semoga dengan adanya kegiatan tersebut bisa membantu sahabat Timor Indonesia yang akan melakukan perjalanan mudik sehingga selamat sampai tujuan tidak ada kendala suatu apapun amien…..

Selamat Hari Raya Idul Fitri 1436 H tahun 2015

Mohon maaf lahir dan batin semoga kita kembali ke fitrah

Acara Launching Klaten Timor

Minggu pagi jam 09.00 siap start dari Klaten untuk menuju pantai depok Jogyakarta, 7 mobil Timor dan 1 mobil hyundai atoz (om Tawi sang mekanik). dengan mengajak keluarga rombongan berangkat beriringan melewati jalur ring road klaten yang saat itu ramai lancar….

Sampai di prambanan kami ambil jalur melewati piyungan untuk menghindari kemacetan di dekat bandara,,pemberhentian pertama di POM Piyungan setelah ini lanjut lagi perjalanan yang mengasyikan ini

IMG_20150510_100242

Sampai ditempat tujuan pantai depok langsung semua anggota bermain dipantai bersama keluarga sambil menunggu hidangan makan siang dan potong tumpeng.

Tiba saatnya sebagai senior Babe wiranta memimpin pemilihan ketua Klaten Timor Club, dan Om Zainal “ipin” secara aklamasi terpilih menjadi Ketua.

Lanjut potong tumpeng untuk Ketua Terpilih Om Zainal "ipin"

Lanjut potong tumpeng untuk Ketua Terpilih Om Zainal “ipin”

Selamat dan sukses untuk Klaten Timor Club atas terbentuknya struktur organisasi club semoga kedepan semakin solid……

Galeri foto Lounching Klaten Timor Club

IMG_20150510_160955 IMG_20150510_153113 IMG_20150510_150125

IMG_20150510_153308 IMG_20150510_110640 IMG_20150510_153930 IMG_20150510_153311 IMG_20150513_090320 IMG_20150513_090424 IMG_20150510_160912

Yang ditunggu-tunggu hem….. (Klaten Timor Club)

Setelah tiga tahun menggunakan mobil timor ini akhirnya ditahun ke 4 bisa berkumpul dengan sesama pengguna timor khususnya diwilayah Klaten, ada rasa senang bangga dan mungkin tak bisa di ungkapkan dengan kata-kata.

Semprot ec lubang busi 11052012(003)

hasil cleaner ruang bakar

hasil cleaner ruang bakar

Bermula dengan adanya bengkel khusus timor dan mobil korea Om Tawi, serasa mobil ini hidup kembali hihihi….sebelumnya setiap ada troubel pada mesin SOHC ini saya harus tanya mbah google cari referensi dan berusaha untuk membongkar sendiri dan alhamdulillah bisa terselesaikan, dari pengalaman-pengalaman ini saya jadikan artikel di blog ini.

Ganti kampas rem cakram depan

Ganti kampas rem cakram depan

DSC00001

ada rasa bangga setelah menemukan permasalahan yang terjadi, Om Tawi menjadi rujukan bila sudah benar-benar gak bisa ngatasi sendiri terima kasih ya Om
Bermula dari temen-temen yang juga ke tempat Om Tawi semakin banyak temen-temen Klaten yang juga mempunyai suatu harapan untuk buat komunitas mobil ini,,usulan ini pertama terlontar dari Om John yg saat itu baru berdua dengan saya aja..
awal tahun 2015 ini barulah terwujud kopdar untuk pertama kalinya di Klaten semoga Mobil Timor kita tetap eksis ditengah banyaknya mobil-mobil baru yang berlalu lalang dijalanan.

IMG_20150216_104841 IMG_20150222_090942 IMG_20150223_101040
Salam Timor Klaten

Baut Karbu Kendor Bikin Tarikan Mobil Lemot

Abis tune up dibengkel kok tarikan jadi kurang ada apakah gerangan??? seperti mobil telat bensin jadi di ajak akselerasi mendadak gak mau, maunya jalan langsam padahal sebelumnya gak ada masalah sama sekali.

saat nganggur iseng2 deh rencana mau bongkar karburator sekalian ganti spuyer karena perkiraan saya spuyer kotor atau kurang besar lubangnya. alat siap langsung mulai lepas boks filter mulailah mnengendorkan baut karburator, tak q sangka ternyata semua baut karbu itu kendor.

akhirnya berpikir ulang mau bongkar karbu, saya coba kencangkan semua baut itu kemudian stater my timor eee…..penyakitnya sembuh ternyata cuma karena bautnya kendor atau mungkin sama bengkelnya lupa belum dikencangkan, mungkin menyebabkan kevakuman karbu bocor.

rakit kembali boks filter tes drive gejala telat bensin hilang hihihi……mungkin bisa jadi pelajaran buat kita semua untuk selalu mengeceknya

salam timor

Nerapin Ilmu dari Pak Zaenal pasang injeksi kapur barus pada Timor SOHC

Berawal dari sedikit pengalaman saat masih SMA trek-trekan dengan F1ZR demi mendapatkan oktan yang tinggi pada bensin premiun bengkel saya waktu itu mencampur bensin dengan sebungkus kamper (kapur barus) dan hasilnya wuzzz…….kencang n menang balap liar (jaman masih muda “dilarang meniru” hehhehhe…)

seiring dengan berkembangnya jaman memang sedikit terlupakan dengan kecanggihan teknologi dan ilmu pengetahuan tentang kegunaan kamper (kapur barus) yang sebenarnya bisa untuk menambah oktan pada bensin premium.

sedikit berpindah dari sepeda motor ke mobil pas baca-baca artikel di blog “Parkiran Timor” ada artikel dari Pak Zaenal tentang Injeksi Kamper Untuk Hemat BBM,, Pada artikel ini Pak Zaenal terapkan pada mobilnya Timor DOHC, Pada kesempatan ini saya mencoba aplikasikan skema injeksi kamper (kapur barus) ini pada Mobil Timor SOHC dan hasilnya lumayan bikin irit kantong hehehe…..(NB: sampai terbitnya artikel ini saya sendiri belum tes berapa hasilnya /liter, karena setelah aplikasi sistem ini terus mudik lebaran jadi hanya bisa cek dari strip jarum indikator bensin yang jelas menurut saya ada perubahan).

yuk mari kita siapkan, alat-alatnya sama dengan Injeksi Pak Zaenal cuman mini globe saya ganti kran bensin variasi punyae sepeda motor.

1. Botol air mineral (saya menggunakan botol bekas oli rem)

2. Botol reservoir air radiator kijang

IMG_20140711_153542

3. Kran bensin variasi

4. Selang

5. “T” untuk masuknya uap ke manifold

6. Kapur barus 1 bungkus yang besar

IMG_20140711_155634

siap dirakit…..

Siapkan Dop (pentil ban) yang sudah tidak terpakai untuk saluran selang dari botol berisi kapur barus,,kemudian rakit selang PCV dengan “T” kuningan sebagai jalur masuknya uap kapur barus.

IMG_20140711_153557

“T” kuningan ini menghubungkan PCV, Manifold, dan kaleng yang berisi air dan kamper (Kapur barus). sebelum menuju kaleng pasang kran dulu untuk mengatur seberapa besar uap yang masuk keruang bakar. agar di ingat jalurnya selang dari kran tersebut masuk ke tabung reservoir air (Radiator) yang atas atau tidak masuk ke bagian airnya “karena kalau kebalik bukan uap yang masuk tapi malah airnya yg masuk,,hihihi….

selanjutnya selang yang masuk ke air disalurkan ke kaleng yang berisi kapur barus, jangan lupa kaleng tersebut dikasih lubang kecil-kecil biar tidak kempot(penyok) tersedot manifold. selesai sudah isi air di reservoir radiator mpe batas lower aja biar pas menghantam lubang air tidak ikut masuk ke mesin.

terakhir stater mobil sambil setel delco cari setelan yang pas biar tidak ngelitik

sketsa skema injeksi kamper

kamfer 2

selamat mencoba…..

NB: setelah posting ini mau coba tingkat penggunaan BBM hehhehe…..

terima kasih pada http://parkirantimor.wordpress.com sebagai sumber inspirasi, copas ilmu Pak Zaenal untuk Timor SOHC

Salam Timor

 

Yuuuk mudik…….

Lebaran segera datang,,,ritual mudik selalu menjadi rutinitas setiap tahun apalagi yang bekerja diluar kota sehingga momen lebaran adalah yang sangat dinantikan karena bisa ketemu dengan sanak saudara, keluarga, dan tetangga.

untuk itu sebelum kita berangkat mudik ada baiknya kita cek up mobil timor tersayang hihihi…….

1. Cek up mesin dibengkel langganan atau khusus timor (tune up karburator)

2. Ganti filter bensin biar bensin tetep jernih

3. Bersihkan filter udara dan cek selang-selang vakum, ganti klo ada yang bocor atau retak

4. Bersihkan busi

5. Cek tekanan ban mobil

6. Siapkan cadangan sekring, relay, bohlam lampu utama, sein, rem dan pernik-pernik kecil yang penting saat darurat diperjalanan

7. Jangan lupa periksa ban cadangan tekanan anginnya

8. Cek oli mesin, power stering, minyak rem bila sudah waktunya ganti, ganti aja dengan yang baru

9. Pastikan semua panel instrumen mobil berfungsi dengan baik

Dan mungkin masih ada hal-hal yang terlupakan belum tercatat bisa teman2 lengkapi,,

Jangan lupa berdoa semoga selamat sampai tujuan tidak ada gangguan dijalan

Admin mengucapakan selamat hari raya idul fitri 1435 H selamat berlebaran dikampung halaman bersama keluarga tercinta

Minal aidzin wal faidzin,Mohon maaf lahir dan batin

Soket sumber masalah RPM pontang panting Timor SOHC

Mulanya biasa saja ac on normal ok aja, selang beberapa waktu saat liburan bareng keluarga ke magelang saat siang hari panas menyengat ac on kok rpm langsung anjlok dan bergetar hebat mesinnya.

ternyata saat cek buka kap mesin ternyata VTA gak mau ngangkat jadi saat ac on gak bisa mengangkat RPM, usut punya usut kemungkinan selang-selang vakum yang kotor atau VTA yang kotor.

saat senggang dicoba untuk bersihkan semuanya selang dan VTA nya pada mulanya sembuh penyakitnya tapi dibuat jalan kota-kota kok kembali lagi RPM anjlok lagi, sampai akhirnya pas buka kap mesin terdengar suara “cetek-cetek” pada soket selenoid.

kemudian saya lepas soket tersebut dengan obeng kecil untuk menekan soket tersebut sehingga bisa sempurna nancepnya, terbukti setelah soket sempurna terpasang RPM jadi stabil walaupun ac on alhamdulillah………

selamat menjalankan ibadah puasa….semoga timor anda baik-baik saja