Pasang Master Rem Atas Mobil Timor

Rem merupakan perangkat yang sangat vital pada kendaraan bermotor, bayangkan bila rem gak berfungsi sempurna, saat melaju kencang pastilah hal-hal buruk bersiap menghampiri kita serem juga kan, maka selalu periksa ketinggian minyak rem dalam tabungnya apabila minyak berkurang tambah atau mungkin warna sudah keruh segera kuras dang anti dengan minyak rem yang baru, periksa juga dibawah ban apakah ada bekas tetesan minyak rem, dan juga dibawah kemudi tepatnya pada master rem atas apakah ada tetesan minyak rem yang perlu kita waspadai.
Hati-hati dengan rem mobil anda apabila terasa injakan kosong alias tanpa tekanan, setelah pompa baru ada tekanan lagi. Apabila anda merasakan hal tersebut segera cek perangkat rem anda, kalau memang perangkat rem dirasa sudah tua mending segeralah di ganti karena berhubungan dengan nyawa pengemudinya. Pengalaman admin saat melaju lumayan kencang injak rem blesss gak ada tekanan sama sekali, langsung deh cek tromol belakang kok gak ada kebocoran kemudian pengecekan mengarah master rem atas tapi juga gak ada kebocoran sil nya, minyak rem ditabung juga masih di level aman.
Pengecekan lanjut mesin on kemudian injak rem dengan tekanan konstan klo rem terus amblas tanpa tekanan bisa jadi master rem nya yg bermasalah, akan tetapi jika rem di injak secara tiba-tiba ato mendadak gejala itu tidak ada alias rem berfungsi, menurut info dari bengkel dan mbah google itu merupakan gejala dari master rem atas yg sedang sakit.
Ayo kita bongkar sendiri untuk ganti master rem atas, untuk master rem sendiri kemarin dapat di sarinah Solo merk Sa*n*co 400K, lanjut
1. Siapkan alat-alat yang diperlukan, kunci 12, kunci nipel 10”, tang, minyak rem, master rem itu sendiri dan peralatan lainnya yang mungkin dibutuhkan hehehhe…..
2. Kendorkan dan lepas kedua baut nipel yang terpasang pada bodi master rem

Lepas baut nipelnya ada dua buah

Lepas baut nipelnya ada dua buah


3. Kemudian lepaskan baut pengikat bodi master rem dengan kunci 12” an
Satu baut pengikatnya posisi agak sulit jadi butuh kesabaran hihihi.... :-)

Satu baut pengikatnya posisi agak sulit jadi butuh kesabaran hihihi…. 🙂


4. Tarik kedepan untuk melepas master rem tersebut kemungkinan agak sulit karena kadang sil nya lengket pada sambungan antara master rem dan booster rem
IMG_20150715_152723
ada sedikit bekas kotoran semacam karat

ada sedikit bekas kotoran semacam karat


5. Setelah terlepas tinggal ganti master yg baru langsung plek tinggal kencangin baut pengikatnya, dan pasang nipel selang saluran minyak rem depan dan belakang
Jangan lupa di isi minyak rem ya bro

Jangan lupa di isi minyak rem ya bro


6. Lanjut setel rem buang angin dari caliper rem di keempat rodanya, ingat pada saat penyetelan rem (buang angin) posisi mesin harus nyala (on)
Selesai sudah gampang bukan kalau bisa sendiri kenapa harus kebengkel hehehehe…..(irit ongkos pengeluaran)
Ingat untuk test drive jangan langsung gas pool karena kita harus memastikan dulu kerja perangkatnya, apabila sudah lancar timmy siap untuk touring…. #salam Timor
Sumber pengalaman pribadi dan sahabat2 Timor

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s