Nerapin Ilmu dari Pak Zaenal pasang injeksi kapur barus pada Timor SOHC

Berawal dari sedikit pengalaman saat masih SMA trek-trekan dengan F1ZR demi mendapatkan oktan yang tinggi pada bensin premiun bengkel saya waktu itu mencampur bensin dengan sebungkus kamper (kapur barus) dan hasilnya wuzzz…….kencang n menang balap liar (jaman masih muda “dilarang meniru” hehhehhe…)

seiring dengan berkembangnya jaman memang sedikit terlupakan dengan kecanggihan teknologi dan ilmu pengetahuan tentang kegunaan kamper (kapur barus) yang sebenarnya bisa untuk menambah oktan pada bensin premium.

sedikit berpindah dari sepeda motor ke mobil pas baca-baca artikel di blog “Parkiran Timor” ada artikel dari Pak Zaenal tentang Injeksi Kamper Untuk Hemat BBM,, Pada artikel ini Pak Zaenal terapkan pada mobilnya Timor DOHC, Pada kesempatan ini saya mencoba aplikasikan skema injeksi kamper (kapur barus) ini pada Mobil Timor SOHC dan hasilnya lumayan bikin irit kantong hehehe…..(NB: sampai terbitnya artikel ini saya sendiri belum tes berapa hasilnya /liter, karena setelah aplikasi sistem ini terus mudik lebaran jadi hanya bisa cek dari strip jarum indikator bensin yang jelas menurut saya ada perubahan).

yuk mari kita siapkan, alat-alatnya sama dengan Injeksi Pak Zaenal cuman mini globe saya ganti kran bensin variasi punyae sepeda motor.

1. Botol air mineral (saya menggunakan botol bekas oli rem)

2. Botol reservoir air radiator kijang

IMG_20140711_153542

3. Kran bensin variasi

4. Selang

5. “T” untuk masuknya uap ke manifold

6. Kapur barus 1 bungkus yang besar

IMG_20140711_155634

siap dirakit…..

Siapkan Dop (pentil ban) yang sudah tidak terpakai untuk saluran selang dari botol berisi kapur barus,,kemudian rakit selang PCV dengan “T” kuningan sebagai jalur masuknya uap kapur barus.

IMG_20140711_153557

“T” kuningan ini menghubungkan PCV, Manifold, dan kaleng yang berisi air dan kamper (Kapur barus). sebelum menuju kaleng pasang kran dulu untuk mengatur seberapa besar uap yang masuk keruang bakar. agar di ingat jalurnya selang dari kran tersebut masuk ke tabung reservoir air (Radiator) yang atas atau tidak masuk ke bagian airnya “karena kalau kebalik bukan uap yang masuk tapi malah airnya yg masuk,,hihihi….

selanjutnya selang yang masuk ke air disalurkan ke kaleng yang berisi kapur barus, jangan lupa kaleng tersebut dikasih lubang kecil-kecil biar tidak kempot(penyok) tersedot manifold. selesai sudah isi air di reservoir radiator mpe batas lower aja biar pas menghantam lubang air tidak ikut masuk ke mesin.

terakhir stater mobil sambil setel delco cari setelan yang pas biar tidak ngelitik

sketsa skema injeksi kamper

kamfer 2

selamat mencoba…..

NB: setelah posting ini mau coba tingkat penggunaan BBM hehhehe…..

terima kasih pada http://parkirantimor.wordpress.com sebagai sumber inspirasi, copas ilmu Pak Zaenal untuk Timor SOHC

Salam Timor

 

Advertisements

37 thoughts on “Nerapin Ilmu dari Pak Zaenal pasang injeksi kapur barus pada Timor SOHC

  1. salam kenal
    saya henri dari malang
    Sudah praktekin sesuai hal diatas, pada mobil espass injeksi,
    1. temperatur mesin jadi berkurang ( sering over kalau pas jalan macet )
    2. ada air yang netes saat jalan, biasanya pas hidupin di pagi hari saja .
    Tanya :
    1. apa Fungsi air dalam tabung itu apa? jika sebagai penyaring udara apa bisa di ganti spon saja
    2. normalkah tetesan air dr knalpot, mengingat jarak air dg selang menuju manipol cukup jauh, jadi gak mungkin kesedot langsung kecuali uapnya saja
    terima kasih

    • Saya coba jawab om sesuai pengalaman saya aplikasi di mobil timor,,1) fungsi air ditabung sebagai penyaring uap ataupun butiran kapur barus jadi dia larut dalam air dan tidak ikut masuk keruang bakar; 2) netes dari knalpot atau darimana om?klo netes dr knalpot itu masih normal karena ada uap air yg ada di dalam knalpot krn perbedaan suhu sehingga saat stater di pagi hari keluar asap putih disertai tetesan air tersebut, untuk temperatur di mobil saya normal2 aja om kurang lebih itu om

    • wah belum pernah ada yg coba om kemungkinan hsilnya berbeda karena ikatan karbon dalam solar dan bensin kan juga beda,tapi apa salahnya om coba barangkali bisa jadi lebih irit lagi dan om jd penemu alatnya hehehehe…..

  2. Salken mas aff,
    Sy udah coba di kijang super 91. Ada yg mau sy tanyain mas,
    1. Bukaan kran sebaiknya seberapa banyak ya? Kalo sy buka kran hampir setengah , rpm lebih stabil dan lbh tinggi. Dan air uapnya semakin berbuih, sy coba pentokin jadi semakin banyak sekali buihnya. Jadi seperti air mendidih, tapi air nya ga panas kok, cuma bkukutuk nya tambah gede/banyak. Jadi saat ini sy stel kran nya 1/2 kurang dikit. Plusnya kalo pagi2 panasin mbl , mesin lumayan stabil rpmnya, ga brebet seperti biasanya.
    2. T konektor yg ke pcv dan tabung uap air, sy pake yg plastik, apakah pengaruh ya dibanding pake kuningan?
    3. Apa sy ada salah bahan / setting ya? Bahan2 yg saya pake sbb :
    1. Bekas botol oli mesin 1 liter utk airnya, sdh sy bersihkan bekas oli nya sy semprot pake carb cleaner.
    2. Botol bekas minyak rem utk kapur barus, sdh sy lubangin lumayan.
    3. Air aki destilated water tutup biru. Pengganti air biasa, kalo air biasa takut efek panjangnya bikin karat
    4. Selang vacuum kecil 1 meter
    5. Selang bensin universal/pcv 1 meter
    6. Kran bensin modifikasi , sy beli di bengkel motor.
    7. T konektor dr plastik warna item, agak besar, sy cari ukuran yg sesuai selang bensin universal tadi.
    8. T konektor plastik yg paling kecil , sy pake untuk slang uap airnya, supaya kalo kena goncangan, muncratan air ngga kesedot yg ke manifold.

    Itu bahannya mas. Kalo ada email boleh, biar bisa sy share penampakannya di mbl. Soalnya disini ga bisa share pict.nya
    Maaf sblmnya sy dr pengguna kijang nongol di temen2 timor sini.

    • 1. bukaan krannya gak usah penuh om kira2 cuma separuh yg penting udah timbul gelembung pada tabung airnya,klo terbuka penuh takutnya kevakuman diruang bakar malah bocor,
      2. T konektor gak masalah om asal khusus utk kendaraan jd gak takut meleleh kena panas, punya saya gede krn menyesuaikan dengan selang pcvnya
      3. untuk tabung air lebih baik beli reservoir air radiator punyanya kijang seperti yg saya pasang om jd kemungkinan air akan masuk ke manifold kecil.
      bagaimana hasilnya setelah pasang ini om ada peningkatan apa belum??
      gpp om tambah sedulur n pengalaman jadi saling membantu

      • Siyappp…suwun fast respons nya mas.
        Nanti coba ta ganti pake reservoir aja. Soale kmrn mau coba2 dulu pake brg yg ada di rumah.
        Untuk T konektor yg PCV coba ta ganti yg kuningan deh, ada benernya juga takut meleleh. Kmrn pake T konektor nya buat wiper dr plastik.
        Utk seeting kran, sdh sy setting di hampir setengah bukaan. RPM lbh stabil. Nanti coba mainin bukaan kran nya deh, lbh bagus yg mana konsumsi bbm nya. Yg penting patokannya jgn sampe 1/2 bukaannya.
        Segera sy update mas.

        Suwun

      • Update aja mas,
        Sy udah sesuaikan bahan2nya dan settingannyA lagi.
        Sepertinya untuk kijang super, tidak bisa memakai injeksi kapur barus ini deh. Bentuk kontruksi mesin yang berbeda dengan timor sohc biarpun sama2 carburator, sepertinya berpengaruh.
        Kemarin akhirnya sy copot mas injeksi toolsnya, krn setelah sy pakai seminggu lebih kok malah jadi lbh boros dr sebelumnya ( cara mengemudi normal ya, ngga sruntulan ..heheh ), tapi kalau untuk soal tarikan lbh enteng, dan idle nya lebih halus , memang bener.
        Oke lanjutt…nahh masalah timbul setelah tools nya sy copot. Mesin jadi brebet2 dan mau mati trs. Akhirnya sy bongkar deh pengapiannya, plus bersiin carb pake carb cleaner. Pas sy buka busi, ternyata kepalanya item semua kaya karbon yg nempel lama. Sepertinya uap injeksi nya tidak bisa terbakar sempurna sperti pada timor sohc. Akhirnya sy ganti businya. Setelah carb bersih plus busi baru, mesin lebih enak, tapi masih kadng2 mati.akhirnya sy geber di jalan pake rpm tinggi sembuh dehh..alhamdulilah. Mungkin masih ada sisa uap berupa embun dr injeksi kapur barusnya. Sekarang sy cuma pake kapur barus yg sy taruh di dalem kasa, dan sy taruh di dalem air filter. Tarikan lbh enteng dr standarnya.
        Tapi sy salut dengan ide injksi kapur barus ini. Bisa sebagai alternatif utk irit bbm. Salam untuk teman2 timor.

  3. Maaf pk ikutan nich… Saya jga udah cba
    Mlah kpur barisnya saya masikin ke air… Ya layan iritnya bisa 1/12.. Untuk jalan jelek. Artinya pling pake ggi 1,2 jarang pake 3. Tpi maaf. Saya mau tau.. Bkp udah brapa lama pakek cara ini.. Udah brapa th… Trus gmna dgan mesinya. Apa baik baik aja.. Mohon emailnya pk. Matursuwun..

  4. Klaten mu pundi mas
    Aku yo klaten…
    Lg wae nyobo..
    Drg ngerti efek e neng bensin e ..
    Yogur iki mau tak cobo adoh knalpote metu uap e air..koyo ketel uap…
    Koyone rodok enteng neg mesine

  5. Mau sedikit share dunk… Sy Ǘϑäђ aplikasikan metode tersebut, tapi yg terjadi air ϑî reservoir sering habis ga tahu kemana. N ujung selanh ϑî reservoir juga sering buntu karena pengkristalan ϑάƦï kapur barus tsb.. Jadi utk sementara sy copot ​Ɩӓԍȋ.. Mohon pencerahannya dunk.. Aplikasi ϑî Timor DOHC 2000…

  6. assalamualaikum wr.wb,,sebelumnya minal aidzin wal faidzin,,mohon maaf lahir batin,,skema penghemat BBM dengan pake kamper sudah saya coba di timmy Injeksi DOHC th 2000,,hasilnya mantap gan,,irit BBM,,tarikan responsif,,apalagi di tangki BBM saya kasih pil eco racing,,lebih irit lagi,,yg tadinya sebelum di coba skema trsebut dalkot 1:6 Lukot 1: 9 sekarang saya coba dalkot bisa 1: 12 lukot bisa 1:16,,memang mantap ilmunya pak zaenal,,trimaksih pak telah berbagi ilmunya dan sangat2 bermanfaat ilmu tsb,,wassalam

Leave a Reply to Fachrul Cancel reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s