Awal berkendara tidak ada masalah sama sekali cek kopling, rem, lampu, oli dah baik semua,,,siap berangkat stater mesin ac on ditengah perjalan injakan kopling kok jadi keras kenapa ya???sambil nyopir sambil berfikir apanya yang salah ya oli masih, kampas kopling juga normal tidak ada masalah lelet atau mobil jalan ditempat,,
abis istirahat sholat wah koplingnya normal lagi mungkin over heat mesinnya,, menurut pendapatq lanjut perjalanan naik jalur tawangmangu-sarangan tiba-tiba kopling menjadi keras dan ambles tidak ada tekanan sama sekali langsung berhenti lagi sambil berfikir ada masalah apa ya???yang jelas kampas kopling tidak ada masalah karena buat nanjak masih ok.
abis istirahat sejenak neruskan perjalanan pelan-pelan karena untuk pindah persneling sangat sulit kopling tidak bekerja alhamdulillah sampai juga dirumah…langsung deh bis makan googling apa sih masalah yang baru saja aku alami td ternyata ketemu juga dan kemungkinan itu dari master kopling baik atas maupun bawahnya,, pagi2 langsung siapkan alat alat bengkel ternyata kelihatan dikolong pedal kopling ada tetesan oli/minyak kopling, langsung bongkar dan ganti silnya saja. beres test drive lancar…
perjalanan pulang karena besoknya harus kerja….weng-weng…melintasi sarangan dan turun cemoro sewu kejadiannya kembali terulang kopling kehilangan tekanan lagi. hasil googling kemarin jg ada sedikit tips dengan mengompres maskop bawah yang dekat radiator dengan kain basah tapi ini cuma untuk sementara aja dan harus segera ganti maskop biar perjalanan nyaman.
setelah kemarin maskop atas yang bocor sil nya sekarang gantian lihat yang bawah master koplingnya yang bocor,,,alhasil ganti dah maskop bawah merk TCIC 13o rb (semoga harga tidak berubah lagi hehehe…) pasang deh ketempatnya menggantikan yang lama. kira2 2 bulan dipakai masalah itu muncul lagi mungkin karena mengabaikan untuk tidak mengganti dulu maskop atasnya.
sesuai dengan saran mbah google n my s515i diharapkan kalau ganti master kopling atas dan bawah sekalian
yuk kita bongkar ganti master kopling atas my timor
1. siapkan master kopling atas terlebih dahulu beli ditoko onderdil mobil hehehehe……kebetulan aq pakai merk sanyco dapat saran dari teman2 n harganya juga agak irit kualitas tidak malu2in xixixixi…..175rb maskopnya dengan tabung tersendiri jadi tidak menjadi satu dengan minyak rem nya.ini satu keutungannya!!!
2. buka kap mesin lepas rumah filter udara untuk sohc yang dohc menyesuaikan dan mulai lepas baut master koplingnya dan baut nipel selang saluran minyak kopling, kemudian segera kekolong bawah kemudi untuk lepas baut yang dari dalam maskopnya.
3. setelah lepas semua baut-bautnya cabut maskop dari dudukannya
4. siapkan maskop yang baru untuk segera dipasang menggantikannya hehhehe…..bey maskop lama terima kasih telah mengantarq kemanapun berjalan xixixiixi….
5. pasang kembali baut-baut penguncinya dari dalam kolng pedal kopling dan yang dari luar dan juga baut nipel selang minyak kopling tapi jangan keras-keras dulu karena belum di isi minyak koplingnya.
6. terpasang sudah maskop yang baru, setelah itu masukkan minyak kopling sampai batas maksimum tunggu sampai menetes lewat nipel yang belum keras bautnya tadi,,siap air juga. setelah menetes cepat2 dikerasi bautnya dan segera siram dengan air bekas tetesan minyak kopling tersebut agar tidak menyebabkan karat.
7. selesai sudah pemasangannya nyalakan mesin dan kocok-kocok pedal koplingnya karena kalau mesin tidak nyala alur fluida minyak koplingnya tidak mau berjalan. setelah terasa sudah ada tekanan matikan mesin.
8. untuk lebih memastikan lagi kemasukan angin apa tidak pada saat pembongkaran tadi bisa dicek di master kopling bawah ada nipel caranya seperti kalau buang angin di perangkat rem.
9. langsung test drive yuk…………
selamat mencoba bagi yang mengalami masalah seperti saya dan harus ganti maskop atasnya,,alhamdulillah sekarang kopling my timor sudah normal kembali…..
mantab om tipsnya, yang master kopling bawah ngga ada nih hehehe…
kebetulan juga mau ganti 😀
hahaha…..sebenarnya kemarin juga dah ganti master kopling yang bawah tapi tidak saya dokumentasikan jadi mau nulis artikel gak ada fotonya rasanya kurang afdol ya coba nanti saya buatkan artikelnya tapi pada dasarnya juga sama aja malah lebih mudah yang maskop bawah
btw om, setelah pasang maskop atas yang pake tangki sendiri, trus jalur yang dari tangki minyak rem dulu di tutup pake apa?
saya ambil baut ’14’ terus saya ulirkan ke selangnya kemudian diklip penjepit selang itu om,,,gak rembes kok sampe skr,semoga membantu
mantab mas artikelnya, kebetulan mau bongkar maskop juga
tadi beli yang sanyco, dapet 250 mas yang atas :(, bawahnya 100 ribu 🙂
btw itu jalur yang dari tangki minyak rem di tutup pake apa mas?
jalur yang bekas dulu masuk ke maskop atas bawaan timor..
thanks 😀
Hehe…..jalur yang dari tangki minyak rem itu selangnya saya tutup dengan baut 14” saya ulirkan kemudian saya kasih klip penjepitnya sampai skr juga gak rembes. beli dimana om???kemarin yang bawah saya dapat asli TCIC om
mungkin karena BBM naik jadi harga ikut naik hihihi…yg penting timmy nya sehat om
aq beli di Kudus Jateng om, merek Sanyco semua hehehe.. kalo yang tanpa tangki di tawarin 150 rebu :D, ok deh om, ntar coba pasang sendiri hehehe…:D thanks 😀
iya om lebih enak yang tangki sendiri jadi gak ikut terpengaruh dengan minyak rem..ya om harus belajar sendiri sedikit demi sedikit dan bereksperimen pasti bisa saya juga begitu kok,,kalau ada apa2 cari2 dulu referensi di mbah google hbs itu langsung praktek kan lumayan mengurangi ongkos untuk kebengkel hihihihi……
he’eh om, biar tambah pinter hehehe.. maklum pelihara mobil tua hehehe..:D
ya om biar tua asal sehat wus…wus….
Salam kenal dan mau tanya mas..
Kalo kopling dilepas, mobil gak jalan apanya ya?
catatan:
1. Injakan kopling enteng
2. semua gigi bisa masuk, bahkan tanpa injak kopling
3. kayaknya gk ada bocor2 an oli master bawah maupun atas
4. oli di tabung rem masih jernih dan penuh
terimakasih sebelumnya dan met puasa
Menurut saya perangkat kampas kopling om udah minta ganti tu,,lihat dari ciri2 nya oli kopling juga gak berkurang gt. sekalian ganti satu set om drpd 2kali kerja jadi sekalian ganti dekrup,bearing, kampasnya semoga cpt sembuh om,,,selamat berpuasa juga om
maaksih bro infonya mantap
sama2 om bagi2 ilmu hehehhe…..
Salam kenal mas, trs tabung oli remnya dimana mas? Mhn maaf klo pertanyaannya krg bermutu, baru pertama pake timor hehe
maksudnya letak tabung minyak rem ya bro???letaknya ada disamping kanan filter udara karburator berbentuk kotak biasanya warna putih,di bawah ada dua selang satunya untuk kopling dan yang satu untuk rem
cara bongkar master kopling bawah gimana om??mau ganti nih
lihat di artikelnya mas bro barusan saya unggah,,sebenarnya sudah lama saya tulis tp belum sempat mengunggah cuma tanpa foto kemarin waktu saya ganti lupa gak didokumentasikan nanti saya lengkapi fotonya,,semoga bermanfaat
saya mau ganti maskop atas yang tabung nya terpisah om, tapi om itu selang dari tabung rem ke maskop di tutup pakai apa om.?
ambil baut 14″ klo gak yang 12″ saya lupa om langsung tancepkan aja,punya saya juga gt aman sampai sekarang
Mau tanya mas.blm lama ini saya ganti master kopling atas bawah mobil timor saya sekaligus kanpas kopling satu set.mobil enak dn gk ada kendala.tp baru pake 4 bulanan master kopling atas saya bocor lalu saya ganti baru dan di sini masalahnya klo mobil di pake jalan dekat pedal kopling normal tp klo agak jauh pedal kopling jadi berat dan setelannya jadi tinggi sendiri penyebabnya apa ya mas…
berat keras gitu ta om rasanya??coba cek sil maskopnya baik yg atas maupun yg bawah ada kebocoran apa gak?kadang gak bocor tapi sil nya yg dah keras bisa menjadikan kopling jadi keras, minyak kopling masih jernih atau dah keruh om
Saya juga mengalami hal yang sama om, bedanya saya pake Ford Laser GL. Tipsnya bisa bermanfaat nih buat DIY sendiri…
iya om jooos…..biar bertambah ilmu
Salam kenal om2.. mau tanya donk, untuk kondisi maskop sudah pake tangki sendiri, apakah dikasi oli yg sama dgn rem? rekomendasi merk/tipe olinya apa ya?
minyaknya/oli sama aja om,,sekedar saran klo dah ganti maskop baru dengan tabung terpisah minyak rem/oli pake yg DOT 4 aja lebih tahan panas smg membantu
Salam kenal Om2.. mau tanya donk, kalo kondisi maskop atas udah pake tangki sendiri, apa jenis/tipe minyak/oli nya sama aja dgn minyak/oli rem? rekomendasi merk. tipe apa ya? terimakasih.
sama aja om gpp semua merk sama nanti dikira promosi hihihi…..cuma saran aja klo udah ganti maskop mending pake minyak/oli yang DOT 4 tg lebih tahan panas olinya smg membantu
Kalaw mobil ku digas sampai rpm naik ko ga ada tenaganya apa ya kira2 kampas kopling habis apa maskopnya ya
coba dicek dulu om handrem tarik nyalakan mesin n masukkan gigi 1 lepas perlahan mesin mati nggak??klo mesin gak mati kemungkinan kampas kopling minta ganti
Om..itu sanyco merk produk atau gimana om.soal nya di t4 saya susah nyariin kopling timor..alat mobil lain yg cocok apa ya om.makasih
Master Kopling Atas Timor DOHC sama dengan Master Kopling Atas KIA Carens 1 2
Master, kopling Atas Timor SOHC sama dengan Master Kopling Atas KIA Carnival,
Master kopling bawah mobil timor sama Mazda 323 interplay Astina 323 familia lantis, ford laser gala champ sonic new laser ghia dohc injection ford lynx, posisi dmn om??coba online aja
mau tanya om,, untuk kasus yg terakhir pas habis gnti maskop bawah trus selang hari nyeplos lgi,,, dan hrus gnti maskop atas,, apa yg maskop atas terlihat bocor atau gimana?
punya saya kasus sama habis gnti maskop atas,, trus nyeplos lgi,, pdahal yg bawah tidak bocor… apa emng hrus gnti yg bawah,,?
klo bisa ganti maskop sekalian atas bawah aja om,krn klo ganti atas aja ntar bisa jadi beda tekanan antara bawah dan atas, kemungkinan yg lama bisa jebol sealnya