Diagram Selang-selang VTA 2 lubang Timor sohc

 diagram selang selenoid terbaru

  Bagi mobil timor yang VTA telah diganti dengan 2 lubang susunan selang diagramnya seperti pada gambar di atas,,maklum untuk cari VTA asli timor dengan 3 lubang sudah agak susah jadi bisa aplikasi VTA 2 lubang seperti pada mobil saya sendiri hehehehe……..mungkin bisa bantu brother2 sesama pengguna mobil timor SOHC mania……

35 thoughts on “Diagram Selang-selang VTA 2 lubang Timor sohc

    • Dari sumber-sumber yang saya baca dan dari pengalaman saya sendiri untuk soket warna biru mengatur ac, soket warna kuning mengatur power stering, dan yang warna putih itu mengantur lampu. semoga membantu

    • maaf om ni ada ralat hehehe…..soket putih untuk ac, kuning lampu, biru ps
      awalnya saya juga cuma dikasih tau bengkel tp saya gak bgtu yakin akhirnya saya utek2 sendiri dengan mencabut selang2 nya ketahuan deh jadi pengalaman buat saya om

  1. pak timiku pakai 2 lubang idlenya tak rangkai kaya itu yg ok cuma AC,lampu nyala Rpm down setir nikung full juga down,tak rubah input yg bwh di seri jadi satu atasnya sama kayak rangkaian atas,AC,PWR ok lampu nyala rpm stabil

    • gpp om yang ptg stabil malah enak n nyaman pake timmy nya hehehe……saya kmrn juga punya angan2 mau coba di seri gt kebetulan kan vacum idle saya jg agak rewel.tapi selama ini juga baik2 saja om.wah gini bisa sharing pengalaman…

  2. mas mau tanya alamat mas dimana ya……..boleh gak main……. yaaaa…..itung2 mau nambah pengalaman tentang si timmy

      • rmhku madiun mas dekat alun2 mdn…….. klo ke mdn mampir di jl ciliwung Gg II no 25 tanya aja Rudy …….mas klatennya mana……. kalo pas ke klaten n sekitarnya tak mampir boleh to………….

      • sebelah serayu ya om q dulu juga sering lewat situ ada teman juga daerah situ namanya supri kerja d RSUP madiun hehhehe……q asli magetan kok,klaten belakang kantor bupati om mampir aja gpp….

  3. betul mas deket ma jl serayu ya kalo ke rmh temannya yng di madiun mampir deket kok dari perempatan serayu ke arah utara lihat ja gang II……

  4. Tabung Vta timmy saya cuma 1, yg ke colok cuma AC nya yglain kebuka gitu aja, gimana ya ngerangkainya kalau lubangnya cuma 1??, tlng pencerahannya,
    terima kaih

    • Pada dasarnya VTA kan sebagai vakum untuk menarik tuas gas saat AC nyala,meski cuma satu lubang seharusnya juga bisa bekerja tapi mungkin gak bisa normal,kenapa gak beli aja yang 2 atau 3 lubang aja om biasanya ditukang AC ada. tapi sebagai gambaran aja mungkin bisa om utak atik sendiri karena saya juga belum pernah coba hehehe…
      – selang dari intake manifold itu om seri jadi 3 selang dan tancapkan ke lubang selenoid yang dari samping.
      – selang yang dari VTA juga diseri jadi 3 selang kemudian tancapkan ke lubang selenoid yang dari bawah.
      btw om pake VTA suzuki carry ya?

      • bos, yang menentukan solenoid p/s, ac, lampu itu warnanya ato kabel yang masuk ke solenoid.karena ada 3 kabel.
        mhn pencerahanya..endi

      • hemat saya misal utk ngecek selenoid untuk ac, saat ac on salah satu selangnya saya cabut kemudian rpm turun terus ditancapkan lagi normal berarti itu selenoid untuk ac kalo di mobil saya yg paling kanan dekat accu. karena kalau cek pake taspen lampu semua juga nyala.
        untuk p/s dan lampu sebelah kiri dan kiri nya lagi

  5. trmksh bos infonya.
    oh iya mau nanya juga neh, di deket filter bensin tuh ada tabung hitam yang nempel di body.klo gak salah ada 3 selang. itu namanya apa bos, fungsinya buat apa?masalahnya pyku selangnya pada di lepas.sambungan selangnya kmn aja yah?
    trmksh

    • maaf baru sempat balas mobilnya masih dipinjem kakak jadi belum ngecek,,,hehehhe…..saya juga masih kurang paham fungsinya kayaknya cuma tabung kevakuman aja.ni tak kasih jalur selangnya dari tabung hitam itu selang kecil yang dari depan menuju manifold lubang dari sebelah kanan, yang dari atas tabung hitam itu menuju lubang vakum diatas delco, kemudian yang satunya menuju selang besi dibawahnya semoga om tidak bingung ya….

  6. mlm bos, cara ngecek solenoid masih bagus nggaknya gmn ya?klo ganti solenoid itu cuman yang bawah aja ya (yg ada lubang samping dan bawah)?klo yang warna biru, putih, kuning itu hanya supply arus aja ya bos?

    • lepas selenoid dari soketnya kemudian ambil kabel sambungkan dengan positif accu menuju salah satu terminal selenoid, terminal selenoid yang satunya ke massa (body) kalo masih bunyi “klik” berarti selenoid masih normal

    • saya kemarin dapat ditukang ac bro saya tanya itu kepunyaan mobil mazda hehehehe……saya juga masih belajar bro ni juga dr pengalaman aja no saya 08563666307 mungkin bisa bagi2 informasi

  7. Salam kenal Mz. mohon pencerahan. timiq sohc’97. lubang vakum delco (atas dan bawah) itu arahnya kemana? pipa yang keluar dari booster rem sebelum masuk ke karbu, ada nipple vakumnya jg itu nyambungnya kemana? trimaksih sebelumnya. yohan. blitar

    • Salken juga om, lubang vakum delko yang atas masuk di manifol depan karbu om sedangkan yg bawah masuk ke manifol belakang karbu yg dr kiri dkt sekrup setelan rpm idle.utk pipa dr booster rem nanti tak cek di unit timor dulu om takut salah hehehe….msh blajar juga nie.mybe ada no WA tak kirimi foto diagramnya om

  8. Mas mau tanya mobil timor sohc ane klo ac/ tanpa ac,, lagi gas pas lepas gas rmp berkurang langsung mati, mesinnya,,,kali aja ada pencerahan

    • coba cek jalur idlenya om mgkin kotor spuyernya karena letak spuyer idle itu tertutup skrup jd kurang perhatian saat bongkar karbu, rpm idlenya sendiri normal atau goyang??sekalian cek selang2 vakum klo dah keras mending ganti aja dulu krn jg berpengaruh sama rpm

  9. Mau tanya om,mobil saya timor so 96.kenapa y om mobil saya kalo ac on rpm naik turun trus kalo ac nya saya off in,mesin juga ikut mati,ga bisa langsam om…mohon Infonya om

    • Coba tune up overhoul karburatornya om,jd rpm gak bisa stabil selain itu juga perlu diperhatikan selang2 vakumnya kalo udah keras segera diganti aja karen juga berpengaruh. kemudian cek vta dan selenoidnya bisa cek disini
      dan juga setelan karbu gak pas bisa jadi masalah ac off mesin ikut mati, dulu saya juga pernah ngalami kayak gt

  10. Sa lam knl bos…
    Saya punya timor rpmy naik turun kl pagi kluar asap hitam…padahl dah ganti ring ma seal klp dan sekir kelep…tlng pencerahany…

Leave a Reply to rudy Cancel reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s