Membuat charge hp darurat

Berikut ini cara membuat charger/cesan HP tapi bersumber listrik dari ACCU,mungkin bisa dari motor atau mobil. Apa salahnya sedia payung sebelum hujan, barangkali ketika perjalalan jauh ga ada listrik, mau numpang malu,ribet, makan waktu. Atau yang di rumah saat mati lampu hape mati lowbat, pacar ngambek ga tau keadaan :hammer bisa juga dipake, tinggal colok aja di mobil/motor..Dari pada beli di counter pasti diatas 30 itu juga golongan KW, tegangan belum tentu stabil juga keawetannya masih diragukan, nah kalo pake ini ga nyampe 10 rebu udah dapet cesan, kreatif bukan…. 😀

Langsung aja, bahan-bahannya:
1. Punya Motor/mobil minimal punya ACCu 12v, (kalo ga punya mau dicolokin dimana? hidung ga ada listriknya mba mas)

2. Kabel apa aja yang penting bisa arus kuat,

3. Komponen, bisa beli di toko elektrik bukan APOTIK,
IC 7805    sekitar 2000an
Elco C 2200uF/16V     sekitar 1000an
Elco C 220uF/10V        paling 500an

4. Kabel Output Sesuai tipe hapenya, bisa ngambil dari cesan rusak.

5. 2 sejoli dan tinol

Kalo udah complit tinggal rakit sesuai skema dibawah ini. Input dihubungkan dengan accu motor/mobil sekitar 12v-16V (jangan sampe + dan – ketuker, harus sesuai), dan output disambungkan ke ponsel.

Skema rangkaian:

rangkaian ces hp mobil

Selamat ber experimen, goodluck.(berbagai sumber dr mbah google)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s